Perbedaan Kopi Robusta, Liberica, Excelsa, Dan Arabica

Kopi merupakan salah satu tumbuhan khas yang dimiliki oleh Negara Indonesia, di Indonesia sendiri banyak sekali jenis-jenis kopi dari aneka macam daerah. Seperti kopi robusta, liberica, excelsa, dan arabica, kopi kintamani, dan masih banyak lagi, namun pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimanakah perbedaan kopi Robusta, Liberica, Excelsa, dan Arabica

 Kopi merupakan salah satu tumbuhan khas yang dimiliki oleh Negara Indonesia Perbedaan Kopi Robusta, Liberica, Excelsa, dan Arabica

Bagaimanakah Perbedaan Kopi Robusta, Liberica, Excelsa, dan Arabica


Pada umumnya terdapat 4 jenis kopi yang paling populer di dunia yakni: Liberica, dan Excelsa, Robusta, Arabika, Meskipun mereka semua berasal dari keluarga kopi yang sakinah mawaddah warrohmah, namun setiap jenis kopi mempunyai sebuah ciri khas atau yang biasa disebut dengan kekhasan yang berbeda-beda, dan keunikan sendiri-sendiri. 

Cara Membedakan Jenis Kopi


Kalau sudah membahas mengenai bagaimana cara membedakan kopi, maka kita layaknya seorang penikmat kopi yang sejati, Hehehehehe. Oke sesekali tak apalah.

Lalu bagaimana cara membedakan sebuah rasa dari tiap jenis kopi?

Cara membedakan kopi bahu-membahu praktis dan praktis dilakukan oleh semua oarang yakni dengan mengamati daun, buah, dan batang tiap-tiap jenis kopi.

Berikut ini akan saya jelaskan perbedaan jenis kopi dari pohonnya:

Ciri Khas Kopi Robusta 


Jenis kopi berikutnya yakni kopi Robusta. Adapun kopi Robusta sanggup diketahui dengan kita mengamati  pertumbuhan kopi robusta yang berbentuk mirip payung. Selain itu, Ciri lain dari kopi Robusta yakni daun lebih tipis dibanding Excelsa dengan tepi daun bergerigi.

Adapun bunga kopi robusta mempunyai warna putih dengan jumlah 5 - 6 kelopak yang terdapat pada setiap cabang. Buah kopi Robusta mempunyai bentuk bergerombol dan berwarna merah darah pekat ketika sudah matang/ masak.

Tidak jauh berbeda dengan jenis kopi yang lainnya, kopi robusta juga mempunyai produktifitas yang tinggi, yaitu dengan ukuran satu hektar lahan kopi robusta, mala sanggup menghasilkan 1,2 ton per tahun dari biji kopi hijaunya.

Meskipun kopi robusta mempunyai produktifitas yang terbilang cukup tinggi, banyakorang yang beranggapan bahwa kualitas rasa serta aroma kopi robusta masih kalah kalau dibandingkan dengan kopi Arabica. 

Ciri Khas Kopi Liberica


Kopi Liberica bahu-membahu mempunyai nama bermacam-macam. Kopi Liberica ini diambil dari Orang Inggris menyebut kopi Liberia dengan nama  Baraco coffee. Sedangkan orang Filipina menyebut,  Kapeng barako .  Dan orang Temanggung menyebut kopi Liberica dengan nama Kopi Boriah.

Kopi Liberica sanggup menghasilkan buah yang paling besar, disamping itu kopi liberica ini mempunyai rasa yang sangat kuat. Dengan salah satu cirinya yang khas yakni pohon tegak dengan batang lurus.

kelebihan jenis kopi Liberica yakni sangat berpengaruh dan yahan terhadap kekeringan. Jenis kopi Liberica ini sanggup berbuah meskipun sudah mencapai masa 4-5 tahun dari awal penanaman. Dengan satu hektar lahan, kopi Liberica sanggup menghasilkan sekitar 1 ton pertahun.

Baca: Cara Dasar Dalam Penerapan SEO untuk bisnis online


Ciri Khas Kopi Excelsa


Jenis kopi yang satu ini mulai naik daun belakangan ini, tentu saja hal ini dikarenakan banyaknya penggemar kopi exselsa. Pasalnya jenis kopi exelca ini sangat mirip dengan kopi Liberica, Namun jenis ini memeliki perbedaan dari daunnya yang lebih halus dan tipis serta lebih bulat, kalau dibandungkan dengan kopi Liberica.

Ukuran dari bunga kopi exelca sendiri sangat besar dengan mempunyai warna putih dengan jumlah 4-6 kelopak. Bentuk bunga kopi exelsa yakni bundar sama mirip telur ukuran kecil.

Adapun berat dari buah exelca lebih berat daripada Arabica, namun lebih ringan kalau dibandingkan Liberica. 

Adapunn usia penanaman hingga berbuah membutuhkan waktu yang berkisar antara 4 - 5 tahun, dengan tingkat produktif tumbuhan sanggup menghasilkan 1 ton per hektar setiap tahun.

Bagi sahabat -teman yang ingin tau bagaimana para petani mengelola kebun kopinya, bisa simak divideo berikut ini:



Ciri Khas Kopi Arabica


Jika tiap jenis kopi umumnya akan lebih kecil dubanding dengan liberiac dan robusta, namun kopi arabica ini mempunyai cabang yang sangat berlawanan. Kopi Arabica mempunyai daun yang harum dan berwarna hujau pekat serta biji kopinya yang mempunyai lonjong elips berwarna hijau lalu berkembang menjadi kuning pada ketika matang. Adapun kopi arabiac mempunyai panjang ukuran bibit berkisar antara 8,5-12,7 cm.

Kopi Arabica berbuah  sehabis menjalani dua tahun penanaman. pada lahan satu hektar, kpi Arabica bisa menghasilkan 1 ton kopi gelondongan. Sebagian banyak orang menganggap bahwa kopi arabica yakni jenis kopi terbaik dibandingkan dengan yang lainnya, namun kopi arabica juga mempunyai beberapa kelemahan dan kekurangan salah satunya yakni kopi ini sangat rentan dengan serangan karat daun kopi.

Demikian cara sekaligus perbedaan antara beberapa jenis-jenis kopi menurut Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel