Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Beserta Artinya

Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Beserta Artinya - Dalam ilmu nahwu tentunya sudah tidak aneh lagi dengan istilah aksara jar dan majrur. Karena didalam pembahasan ilmu nahwu aksara jar merupakan salah satu tanda dalam salah satu kalimat arab yakni kalimat isim.

Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Beserta Artinya  Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Beserta Artinya

Huruf jar yakni sebuah aksara yang mempunyai tugas layaknya kata sambung (dalam bahasa Indonesia) sehingga aksara jer atau aksara jar seringkali kita temukan dalam bahasa arab.

Memahami tugas aksara jar sangat diharapkan dalam memahami serta membaca kitab kuning secara cepat. Karena membaca kitab kuning merupakan haruslah mengetahui konsep dasar dari ilmu nahwu.

Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu


Huruf jar dalam kitab nahwu terdapat sebanyak 12 huruf. Yang pada setiap aksara tersebut harus disambung dengan kalimat isim. Sehingga apabila tidak disambung dengan kalimat isim, kalimat jar/jer tersebut tidak sanggup menunjukkan arti yang memahamkan. Adapun kalimat fi'il tidak sanggup disambung dengan aksara jar.(Baca: Pengertian kalimat fi'il)

Macam-macam Huruf Jar dan artinya


 Kalimat aksara atau Huruf jar yang terdapat 12 aksara tersebut diantaranya adalah:

  1. Min artinya Dari.
  2. Ila artinya Ke.
  3. An artinya Dari.
  4. Ala artinya Diatas.
  5. Fi artinya Didalam
  6. Rubba artinya Terkadang/ Banyak
  7. Ba' artinya dengan Dengan
  8. Kaf artinya Seperti
  9. Lam artinya Untuk
  10. Wawu Qosam artinya Sumpah
  11. Ta' Qosam artinya Sumpah
  12. Ba' Qosam artinya Sumpah
Demikian klarifikasi mengenai huruf jar atau kalimat aksara jer dalam ilmu nahwu yang sudah aku sebutkan beserta artinya agar bermanfaat. Jangan ketinggalan artikel berikutnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel