Tips sukses beternak burung puyuh

Tentang tips-sukses berternak burung puyuh

Siapa sih gak kenal sama telur puyuh ini
Hampir setiap kalangan hampir mengenal telur puyuh ini.baik yang di sajikan dalam bentuk sate telur.yang sangat di sukai oleh semua kalangan atau dalam bentuk yang lainnya.

Pasti ada beberapa orang yang penasaran dengan burung puyuh ini,seperti apa bentuk burung puyuh ini dan bagaimana cara bertelur nya apa kah harus di kawinkan dengan jantan agar bisa setiap hari nelur??
Itu lah yang dulu admin pikirkan soal puyuh sebelum terjun kedunia perpuyuhan ini.

Di sini saya akan sedikit mengulas tentang perpuyuhan menurut pengalaman admin sendiri dan menurut saran dari rekan rekan sesama peternak puyuh ini.

Bagi anda yang ingin beternak burung puyuh sebaiknya anda pikirkan matang-matang dari berbagai hal dan dampak pada lingkungan sekitar nya.
Kalo anda ingin memulai usah ternak puyuh tapi kandang dekat dengan pemukiman warga sebaik nya anda pikirkan matang-matang sebelum beternak
Karena kalo kita beternak dekat dengan pemukiman warga pasti akan ada yang protes dengan bau kandang tersebut.itu lah yang saya rasakan seperti dulu.mau berhenti tapi modal yang di keluarkan juga besar belum balik modal tapi sudah di protes dengan tetangga sekitar,akhir nya saya berpikir keras cara mengolah limbah yang di hasilkan puyuh ini.dan akhir nya saya berhasil mengurangi bau kandang yang di hasilkan limbah puyuh ini.kunci jika kita ingin memulai usaha beternak anda sebaiknya memikirkan tentang pengolahan limbah yang di hasilkan hewan ternak yang sudah saya post di halaman sebelum nya silahkan cari cari di archive blog ini.jika kurang paham silahkan bertanya :)

Ok kembali ke topik tentang sukses beternak burung puyuh

Sebelum berternak anda harus mencari para pembibit burung puyuh yang sudah recomend.karena kesuksesan kita pertama dari baik atau buruk nya bibit puyuh itu sendiri.dan yang ke dua tentang cara perawatan nya.

Cari lah penjual bibit yang benar benar recomend dari berbagai sumber jangan berasal dari satu sumber saja.anda bisa bertanya pada forum forum yang sudah ada.hindari pembelian dari para blantik,karena harga akan sedikit jauh lebih mahal.

Langkah langkah persiapan rumah kandang puyuh,harus di buat senyaman mungkin.tidak terlalu panas,dan perhatikan arah mata angin bertiup dari mana?ini memang seperti sepele,tapi jangan salah ini juga sangat penting itu menurut pengalaman saya.

Berikutnya siap kan tempat pengolahan limbah kotoran ternak ,saya saran kan buatlah tempat pengolahan limbah yang tertutup jika dekat dengan rumah warga sekitar.dan atap kita pasang asbes yang transparan biar sinar matahari bisa masuk.
Jika sudah sekarang siap kan kandang puyuhnya,jika modal besar bisa beli yang baru tapi kalo modal nya mepet di sarankan beli bekas tapi masih kondisi bagus agar bisa di pakai beberapa periode.
Setelah itu kita siapkan kandang pembesaran nya(kanan,kiri,belakang kandang di tutup rapat denan triplek atau yang lain nya).dan menggunakan 3 buah bohlam.sebelum bibit/doq datang sebaiknya lampu kandang,pakan,air  minum(disarankan air gula merah)lampu sudah dinyalakan dan sudah di siapkan.


Jika doq sudah datang jangan buru buru kita keluar kandang,kita amati apakah bibit/doq berkumpul di bawah lampu atau malah kepanasan mepet pada tepi kandang/dinding kandang.jika berkumpul di bawah lampu berarti doq masih kedinginan tapi jika pada mepet dinding kandang berarti kepanasan,harus kita atur sampai doq menyebar(tidak di bawah lampu atau tidak mepet dinding kandang).
Jika posisi doq sudah meyebar tidak kedinginan atau kepanasan baru kita rehat dengan nyaman :)
Untuk pemberian vitamin 3 hari sekali.pakan pedaging di haluskan.
Setiap seminggu sekali populasi per kotak/perkandang di kurangi agar tidak padat di dalam kandang,untuk jumlah nya di bagi agar sama rata.

Kita berikan pakan pedaging dan vitamin pembesaran sampai umur 30 hari.
Setelah umur 31 hari pakan kita campur antara pakan pedaging dengan pakan  petelur dengan per bandingan 1:2.dan bertahap sampai jatah pemberian pakan 
Puyuh petelur full tanpa campuran pakan pedaging setelah puyuh bertelur 70% dari jumlah populasi silahkan pakai pakan campur untuk campuran pakan sebelumnya sudah saya bahas.silahkan cari di archive blog ini.
Perlu di ingat pemberian katul dengan jumlah sedikit sekitar 25-35 kg dengan catatan sentrat juga di tambahin.dengan memakai pakan campur ini kita bisa mendapatkan keuntungan sedikit lebih besar dari pada menggunakan pakan murni.
Tapi semua itu pasti ada nilai plus minus nya jadi silahkan anda pikirkan langkah mana yang harus di ambil.

Sekian dari saya semoga bermanfaat ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel