8 Cara Mengatasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca Dengan Mudah

8 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan mudah - Kebutuhan untuk menyimpan data berupa soft file sudah menjadi hal penting dalam kegiatan sehari-hari apalagi yang sedang menekuni jenjang kuliah. Sebagai Mahasiswa tidak akan lepas dari kiprah baik print atau meyimpan data penting lainnya.

Jadi, flashdisk cocok untuk menjadi media penyimpanan ketika ini. Meskipun begitu, tak jarang terjadi problem yang cukup sering dijumpai salah satunnya yaitu flashdsisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi.

Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi:
  • Secara fisik flashdisk kau memang sudah mengalami kerusakan.
  • Sering mencabut flashdisk dari perangkat komputer atau laptop secara pribadi tanpa di eject/removable disk terlebih dahulu.
  • Kerusakan pada port USB.
  • Terdapat problem pada driver USB komputer.
  • Setinggan pada bios, Windows bermasalah.
  • Fashdisk palsu biasanya dengan harga yang relatif lebih murah. 
Untuk itu kau jangan tergiur dengan flashdisk berkapasitas besar namun mempunyai harga yang lebih murah alasannya ialah umumnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan salah satunya sering teradi corrupt ketika menyimpan data.

Nah, untuk itu kau harus jeli ketika membeli flashdisk dengan brand terkenal. sebagai tumpuan untuk membedakan flashdisk orisinil dengan yang palsu lihat di bawah ini:

 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah
Perbedaan Flashdisk Original dengan yang Palsu

Jika kau mempunyai flashdisk yang tidak tebaca. ada baiknya kau jangan pribadi membuangnya atau hanya dijadikan gantungan kunci. Tapi coba perbaiki dengan cara berikut ini:

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak terbaca


1. Coba Hubungkan Flashdisk di Perangkat Lain
Langkah pertama yang harus kau lakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yaitu melaksanakan pengecekan kerusakan. Agar kau sanggup mengetahui penyebab kerusakan flashdisk terletak dimana.

Caranya yaitu hubungkan flashdisk ke perangkat lain. Jika flashdisk terbaca di komputer lain berarti sanggup disimpulkan bahwa flahdisk kau dalam kondisi normal. Yang menjadi problem yaitu perangkat  yang kau gunakan tidak sanggup bisa mendeteksi driver flashdisk.

Maka dari itu, kau harus mencari driver tersebut atau menginstall ulang sistem operasinya. Jika masih tetap belum terdeteksi, maka kemungkinan besar terdapat problem pada flashdisk itu sendiri.


2. Cek Port USB pada PC/Laptop


 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu dengan mengecek kondisi port USB yang akan digunakan. sanggup jadi, port USB pada perangkat yang kau gunakan sedang mengalami kerusakan sehingga tidak sanggup mendeteksi flashdisk.

Untuk mengeceknya sangat mudah, kau hanya perlu mengubungkan flashdisk ke port lain. Jika memang flashdisk sanggup terbaca di port USB laptop lainnya, maka mungkin port USB yang ada di laptop kau sedang bermasalah.


3. Scan Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows
Sebenarnya, Windows mempunyai fitur untuk melaksanakan scanning flashdisk. Pemindaian pada flashdisk ini juga sanggup memperbaiki atau mengatasi flashdisk yang mengalami kerusakan. Jika ditemukan masalah, maka secara otomatis Windows akan memperbaiki flashdisk.

Bisanya, yang merusak atau menghilangkan data flashdisk ialah virus. Untuk itu, kau sanggup ikuti beberapa langkah ini untuk melaksanakan scanning sebagai salah satu cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Berikut langkah-langkahnya:
  • Colokan flashdisk pada port USB di laptop ataupun PC kamu. 
  • Kemudian, kau sanggup klik kanan pada simbol Windows dan pilihlah Disk Management.
 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah
  • Setelah itu, pilihlah Disk Flashdisk kamu. Di sini, Sebagai pola disk yang ada pada Flashdisk berada di (G) maka di klik kanan pada (G).
 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah
  • Setelah kau mengklik kanan, pilihlah properties dan akan otomatis muncul Windows baru. 
  • Lalu, kau sanggup klik tools dan pilihlah fitur check.
  • Terakhir, kau sanggup klik scan and repair drive dan tunggulah beberapa ketika hingga selesai. 
 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Nah, sesudah proses scanning selsesai, maka kau sanggup mencabutnya dan menghubungkan kembali ke port USB. Kini, flashdisk kau sudah berhasil terbaca di laptop, bukan? 


4. Menambah Flashdisk Secara Manual Ke Windows
Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya masih memakai fitur di windows caranya kau hanya perlu menambahkan flashdisk kau secara manual ke sistem Windows.

Cara ini berlaku jikalau flashdisk kau hanya mengalami kerusakan ringan dan terdapat problem pada fitur plug and play pada komputer atau laptop kamu. 

Dengan sistem plug and play inilah yang menciptakan kau sanggup dengan gampang menghubungkan flashdisk ke komputer atau laptop kau Nah, berikut ini cara semoga USB terbaca di komputer secara manual:
  • Sambungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop kamu. 
  • Lalu, buka hidangan Control Panel. Caranya, klik Start kemudian cari Control Panel (Windows Vista & 7). Atau tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “control” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Pilih Device Manager
  • Pilih Action > Add Legacy Hardware

  • Pada jendela yang muncul, klik Next
 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah
  • Kemudian pilih “Search for and install hardware automatically”
 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah
  • Apabila USB flashdisk kau terdeteksi, maka akan muncul hidangan Autorun, serta notifikasi bahwa USB Flashdisk mendukung koneksi data yang lebih cepat
  • Hal tersebut akan diikuti oleh kemunculan ikon “Removable Hardware” pada system tray. Selanjutnya, akan terlihat drive gres di Windows Explorer atau My Computer. 
  • Apabila kedua hal tersebut telah muncul, maka proses pada cara ini tidak perlu lagi dilanjutkan. kau cukup klik Cancel pada tampilan berikutnya.
  • Namun, jikalau flashdisk masih tidak sanggup terbaca, ulangi langkah nomor 2 hingga 5. Bedanya, pada langkah 5, kau pilih “Install the hardware that I manually select from a list”
  • Ada beberapa pilihanan hardware yang tersedia pada daftar yang muncul pada jendela. Karena kita ingin menambahkan USB flashdisk, pilih USB Controller atau Storage.
  • Klik OK.

5. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan CMD
  1. Masukkan flashdisk pada perangkat komputer.
  2. Buka Command Prompt dengan cara klik start – kemudian cari cmd.
  3. Buka kawasan flashdisk kamu, misal penyimpanan flashdisk terdapat di folder ‘G’, maka ketikan g: pada command prompt.
  4. Lalu kau ketik chkdsk/g, lantas akan terdapat pilihan Y/N. Y untuk yes, dan N untuk no. Pilihlah Y.
  5. Kemudian, akan ada pilihan lagi untuk merestart perangkat kamu, pilih yes untuk merestart perangkat kamu.
  6. Jika ‘cmd’ masih tidak sanggup masuk ke drive usb tersebut, hal di atas masih tetap sanggup dilakukan dari drive manapun dengan perintah :
chkdsk (: e/f/g drive usb) /…

 6. Format Flashsisk dengan CMD

 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Sudah melaksanakan semua cara di atas, tapi flashdisk masih tidak terbaca. Tenang aja, masih ada kok, cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca lainnya, yaitu dengan cara menghapus semua data atau memformat pada flashdisk kamu.

Ya, memang cara yang satu ini terdengar angker apalagi bagi kau yang mempunyai banyak file penting di dalamnya. Untuk itu , sebelum lanjut memakai cara ini sebaiknya back up terlebih dahulu semua data yang terdapat di flashdisk

Meskipun semua file lenyap tapi kau juga masih menerima untung loh yaitu virus yang tersebar di flasdisk  ikut terhapus. alasannya ialah sanggup saja di dalam flashdisk kau tersebar virus yang membuatnya tidak sanggup terbaca di PC ataupun laptop.

Lalu, bagaimana caranya melaksanakan format jikalau flashdisknya saja tidak sanggup terbaca? Mudah, kok, alasannya ialah Windows punya fitur CMD yang sanggup membantu kau untuk melaksanakan format ulang pada flashdisk. Jika kau ingin mencoba cara mengatasi flashdisk tidak terbacasa satu ini. Ikuti tutorial berikut ini:
  1. Pertama, hubungkan flashdisk pada port USB yang ada di PC. 
  2. Jika sudah terpasang, kau sanggup klik Windows dan pribadi ketik Setelahnya, akan muncul Windows CMD secara otomatis. 
  3. Sekarang, kau sanggup ketikan FORMAT G: /FS:FAT pada CMD tersebut. Perlu diketahui, bahwa aksara G yang ada di potongan pertama formatnya mengambarkan lokasi flashdisk. Jadi, kau sanggup menyesuaikannya dengan lokasi flashdisk masing-masing, alasannya ialah lokasi flashdisk sanggup berbeda. Ada yang di F, E, atau D. 
  4. Terakhir, kau sekarang hanya perlu mengklik enter. Secara otomatis, flashdisk kau akan diformat oleh Windows dan menghapus semua file yang ada di flashdisk tersebut.

7. Format Flashdisk dengan Disk Management


 Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan gampang 8 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Disk Management juga sanggup menjadi salah satu solusi untuk kau yang mengalami problem flashdisk tidak terbaca. Ya, cara ini juga akan menghapus atau melaksanakan format untuk semua file yang ada pada flashdisk kamu.

Berbeda dengan sebelumnya, Disk Management ini sanggup untuk melaksanakan scanning and repair drive. Namun, kali ini kita akan melaksanakan format ulang flashdisk di Disk Management. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Seperti biasa, hubungkan flashdisk ke laptop atau PC kamu. 
  2. Kemudian, klik hidangan windows dan pribadi ketikan msc. Secara otomatis, akan pribadi muncul jendela kegiatan compmgmt. 
  3. Setelah itu, kau sanggup pribadi klik hidangan Disk Management. Jika sudah, maka secara otomatis akan muncul jendela Disk Management dengan beberapa info mengenai semua partisi yang ada di laptop / PC kamu, termasuk flashdisk. 
  4. Nah, sekarang kau hanya perlu menentukan potongan partisi flashdisk, baik itu di E, F, D, ataupun lainnya. Pastikan kau menentukan lokasi flashdisk bukan lokasi hardisk, ya. Jika salah menentukan lokasi flashdisk, nantinya justru akan mem-format partisi hardisk. Setelah kau yakin dengan lokasi flashdisknya, sekarang kau sanggup klik kanan dan pilihlah fitur format. 
  5. Terkahir, tunggulah hingga proses pembatalan dan format selesai. Dan kini, flashdisk kau sudah berhasil diformat ulang.

8. Cara Mengatasi Flasdisk Tidak Terbaca dengan HDD Low Level Format
cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca kali ini yaitu dengan memakai tools HDD Low Level Format.

Dengan memakai aplikasi ini, maka kemungkinan besar flashdisk yang rusak dan tidak terbaca akan kembali normal.

Cara memperbaiki flashdisk denga tools ini bekerjsama merupakan cara yang paling ekstrem. Jadi, lebih baik cara ini dilakukan bagi kau yang sudah paham akan perangkat keras komputer. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Hubungkan flashdisk di komputer atau laptop kamu.
  2. Download Aplikasi “HDD GURU Low Level Format”.
  3. Setelah didownload, instal Aplikasi tersebut di komputer atau laptop kamu.
  4. Kemudian, jalankan aplikasi HDD Low Level Format dengan jalan masuk Administrator. Caranya, klik kanan pada aplikasi tersebut, kemudian pilih “Run As Administrator”..
  5. Pada jendela aplikasi, pilih USB, kemudian klik “Continue”
  6. Tunggu proses perbaikan flashdisk hingga selesai. Setelahnya, kau sanggup melaksanakan format ulang flashdisk dengan cara format menyerupai biasa, yaitu klik kanan pada drive flashdisk di Windows Explorer > pilih Format.
Itulah 8 cara mengatasu flashdisk tidak terbaca di laptop atau di PC dengan mudah. Kamu sanggup mencba 8 cara diatas semoga flashdisk kau terdeteksi kembali.


Sumber https://teknosena.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel