Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia - Pengajuan pengembalian dana di Tokopedia dibagi menjadi dua kategori. Pengembalian dana berdsarkan barang belum hingga dan barang sudah sampai. Namun dari kedua kategori tersebut masih ada spesifikasi lagi.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia


Pengajuan pengembalian dana tokopedia dilakukan di halaman sentra resolusi. Untuk mendapat sentra resolusi syaratnya sudah terjadi proses transaksi jual beli dan sudah terbitnya nomor resi pengiriman. Sehingga kalau proses di sentra resolusi tamat anda dapat melaksanakan penarikan dana dari saldo tokopedia.
Supaya dapat mengajukan pengembalian dana, bagaimana langkah - langkahnya? Mari simak bersama dalam uraian dibawah ini.

Pengembalian dana alasannya yaitu barang belum sampai

Syarat yang utama yaitu kalau pesanan belum di terima hingga estimasi waktu yang telah diberikan oleh kurir terkait, maka anda dapat melaksanakan pengajuan pengembalian dana menurut status nomor resi pengiriman.

A. Status resi masih dalam pengiriman

Jika pesanan tidak kunjung hingga dalam 5 hari, pengajuan pengembalian dana dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, kemudian pilih status pemesanan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang belum selesai
  4. Pada munculan pop up, klik belum selesai
  5. Anda akan masuk ke halaman pusat resolusi. Berikan klarifikasi duduk kasus anda secara detail di kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  6. Isikan jumlah dana / uang yang ingin diajukan. Lalu klik komplain
  7. Selanjutnya, menunggu persetujuan dari penjual, kalau disetujui, maka komplain tamat dan dana akan secara otomatis pindah ke saldo tokopedia anda. Namun, kalau penjual menolak solusi yang diajukan, maka akan ada tim dari tokopedia yang membantu dengan menawarkan solusi terbaik antara dua belah pihak.

B. Status resi sudah terkirim tapi belum diterima

Jika pesanan sudah terkirim tetapi barang belum diterima, pengajuan pengembalian dana dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, kemudian pilih konfirmasi penerimaan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang belum selesai
  4. Pada munculan pop up, klik belum selesai
  5. Anda akan masuk ke halaman pusat resolusi. Berikan klarifikasi duduk kasus anda secara detail di kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  6. Isikan jumlah dana / uang yang ingin diajukan. Lalu klik komplain
  7. Selanjutnya, menunggu persetujuan dari penjual, kalau disetujui, maka komplain tamat dan dana akan secara otomatis pindah ke saldo tokopedia anda. Namun, kalau penjual menolak solusi yang diajukan, maka akan ada tim dari tokopedia yang membantu dengan menawarkan solusi terbaik antara dua belah pihak.

Pengembalian dana status barang sudah sampai

Kasus ini biasanya barang sudah diterima tapi barang kurang, tidak sesuai, rusak, atau ada hambatan ongkos kirim dan harga barang. Pengajuan pengembalian dana dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masuk akun Tokopedia
  2. Klik notifikasi, kemudian pilih status pemesanan
  3. Klik Komplain pada pesanan yang bermasalah
  4. Pada munculan pop up, klik sudah sampai
  5. Silahkan pilih duduk kasus yang sedang dihadapi: 

A. Masalah pada barang yang diterima

Opsi ini dipilih kalau produk yang diterima rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai.
  1. Apabila sudah menentukan terkait produk, tentukan produk yang ingin anda komplain. Pilih komplain yang ingin diajukan ke penjual. isi juga jumlah produk yang rusak, lost in transit/barang kurang, barang tidak sesuai serta jelaskan masalahnya lebih detail dalam kolom yang sudah disediakan. Klik berikutnya.
  2. Lampirkan foto produk yang bermasalah, nama penerima, resi. Yang penting dapat memperkuat sebagai bukti atas komplain anda.
  3. Pilih solusi retur produk dan kembalikan dana. Tentukan jumlah dana yang diinginkan, kemudian klik komplain.
  4. Selanjutnya tinggal menunggu jawaban dari penjual di halaman sentra resolusi. Apabila dalam waktu 3x24 jam tidak ada jawaban dari penjual, anda dapat klik tombol minta derma untuk meminta derma customer care tokopedia.
  5. Jika penjual menyetujui solusi yang anda kirimkan, segera kirim barang yang akan di retur ke alamat penjual, kemudian masukan nomer resi.
  6. Dana akan di kembalikan ke saldo tokopedia anda sehabis barang sudah diterima oleh penjual. Dan mengklik komplain selesai.

B. Masalah harga barang dan ongkos kirim

Opsi ini apabila harga barang dan ongkis kirim dirasa tidak sesuai.
  1. Setelah menentukan kategori duduk kasus terkait ongkos kirim/dana sebagian, pilih komplain yang ingn anda olok-olokan ke penjual. jangan lupa jelaskan detail duduk kasus yang dialami, kemudian klik berikutnya.
  2. Lampirkan foto produk yang bermasalah, nama penerima, resi. Yang penting dapat memperkuat sebagai bukti atas komplain anda. Klik komplain.
  3. Jika penjual menyetujui solusi anda, maka selish ongkir otomatis akan masuk ke saldo tokopedia anda.
Itu lah sedikit uraian singkat tentang Cara Mengajukan Pengembalian Dana Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel