Tips Blogspot Setelah Ganti Domain

Selamat datang kembali di , sebuah blog yang membahas tentang Tutorial komputer Dan blogspot, setelah lama disibukkan oleh aktifitas sehari-hari akhirnya ada kesempatan buat update artikel lagi, Kebetulan tadi malam seorang teman bertanya tentang domain, setelah membahas dan menjelaskan secara perlahan akhirnya diapun berniat menggunakan domain untuk blognya, dan saya pikir beberapa hari kedepan iapun akan kembali dan bertanya apa saja yang harus dilakukan setelah ganti domain, dan disini juga saya teringat hal-hal yang dulu pernah saya lakukan setelah menggunakan domain pada blogspot saya, akhirnya saya putuskan untuk menulis jawaban tersebut agar di lain hari jika ada orang yang berbeda dengan pertanyaan yang sama saya tidak perlu mengulang penjelasan tersebut.

Tips Blogspot Setelah Ganti Domain

Hal ini bisa disamakan jika kamu berpindah alamat rumah, jika kamu tidak memberi tahukan alamat rumah yang baru kepada teman kamu, maka mereka akan kesulitan mencari dimana lokasi kamu.
Berikut beberapa Tips penting yang harus dilakukan setelah kamu menggunakan domain pada blogspot agar blog dan artikel didalamnya dapat ter-Index kembali oleh Google Search Engine,Untuk pembahasan lebih mendalam berikut langkah langkah yang harus kamu lakukan setelah ganti domain dari blogspot ke Top Level Domain.



Gunakan Pengalihan HTTPS / SSL
Setelah menggunakan costum domain secara otomatis protokol akan menjadi http, hal ini tentu saja tidak mengganggu, namun sebuah website dengan sebuah protokol yang terenkripsi SSL akan lebih di percaya karena memiliki sertifikat keamanan, selain itu website dengan protokol SSL lebih disukai oleh google search engine sehingga website tidak akan di anggap berbahaya dan akan lebih mudah terindex. Pada akhir tahun 2017 google menyediakan sebuah Protokol SSL untuk Costum Domain Blogspot, hal ini tentu saja sangat membantu para blogger untuk mengelola sertifikat keamanan sebuah website yang dikelolanya, dengan adanya fitur SSL ini kamu tidak perlu repot-repot menghubungkan domain dengan SSL dari Cloudflare yang memang rumit pada proses pengaturannya, selain itu SSL dari Blogger lebih cepat aktif daripada SSL Cloudflare yang memakan delay satu sampai dua hari lamanya untuk mengaktifkan fitur https.
Untuk mengaktifkan SLL / pengalihan https kamu cukup menggunakan alamat https://draft.blogger.com dan pergi ke menu Setelan Dasar kemudian pilih YA pada menu Ketersediaan HTTPS, dan tunggu beberapa menit sampai Pengalihan HTTPS tersedia, biasanya dalam hitungan 2 sampai 3 menit fitur ini akan tersedia, namun jika masih belum terlihat pilihan pada Pengalihan HTTPS silahkan reload brpwser kamu dan Aktifkan jika sudah tersedia.

Buat Property Baru Google Webmasters
Point ke-2 ini sangatlah penting dalam membantu mempercepat website dengan domain baru agar terindex di mesin pencarian google, pada dasarnya setiap website sangatlah disarankan menggunakan property google webmasters untuk memonitor sebuah website baik itu pengunjung, artikel bahkan url yang tidak valid, dengan menggunakan property google webmasters ini google akan cepat mengenali jika terdapat artikel baru pada sebuah website sehingga membantu mempercepat proses artikel agar terindex di mesin pencarian google. Sebenarnya jika kamu mengunjungi alamat blogspot lama secara otomatis kamu akan di bawa ke alamat domain yang baru, tapi tidak untuk google, dia akan terus membaca alamat blogspot kamu, maka dengan ini artikel yang sudah kamu buat sebelumnya lama kelamaan akan hilang dari mesin pencarian google jika kamu tidak membuat Property dengan alamat domain yang baru, untuk itulah ada baiknya jika kamu membuat Property Baru Google Webmasters dengan menggunakan alamat domain yang baru. 
Dalam hal ini yang saya maksudkan adalah blogspot yang meng-up grade domain dari Blogspot menjadi Top Level Domain, bukan ganti domain dari TLD ke TLD lainnya seperti contoh.com pindah domain menjadi sample.com. Untuk hal yang satu ini kamu harus menggunakan metode tambahan yang dinamakan dengan Change of Address, selain itu kamu harus memberi tahu google alamat domain baru kamu dengan metode Confirm that 301-redirects work properly, tujuan dari motode ini adalah agar google tahu jika domain kamu di pindahkan ke domain baru, ketika pengunjung menemukan sebuah artikel dari google dengan alamat yang lama, maka pengunjung tersebut akan di bawa ke alamat domain baru tersebut.

Google Search Console
Untuk membuat Property Google Webmasters kunjungi alamat https://www.google.com/webmasters jika kamu belum pernah mendaftar silahkan daftarkan email kamu terlebih dahulu agar dapat menggunakan fitur ini, kemudian buatlah sebuah property baru dengan mengklik Add a Property dan isilah alamat domain baru kamu secara lengkap dengan https seperti https://ymobile.tech/ , setelah itu jangan lupa lakukan verifikasi bahwa kamu adalah pemilik dari domain tersebut.

Submit Ulang Sitemap
Setelah membuat Property baru pada Google Webmaster wajib bagi kamu mensubmit kembali sitemap yang berada di domain dan properti yang baru tersebut, dengan meng-Add Sitemap pada menu Craw Google Webmaster, hal ini bertujuan agar google dapat merayapi semua artikel yang ada  pada website tersebut sehingga  membantu artikel cepat terindex oleh mesin pencarian google,
Untuk membuat sitemap silahkan masuk ke bagian Craw pada Google Search Control / Webmaster kemudian pilih Sitemap dilanjutkan dengan mengklik tombol Add/Test Sitemap terakhir ketikan sitemap.xml pada kotak isian di belakang nama domain.

Submit Ulang URL Artikel
Pada umunya setiap kali setelah membuat artikel disarankan mensubmit url dari artikel tersebut dengan tujuan membantu proses terindexnya artikel pada mesin pencarian google, begitu juga setelah kita ganti domain, google tidak akan tahu dengan sendirinya apa saja artikel yang kamu miliki di domain tersebut, namun jika kamu sudah melakukan metode submit sitemap lambat laun google akan tau posisi dan konten yang sudah kamu miliki di domain baru tersebut, dengan metode Submit Ulang Url yang baru ini membantu proses artikel lebih cepat di index.
Untuk melakukan Submite Artikel kamu bisa menggunakan Fitur Fetch as Google yang terdapat pada menu Craw di google webmaster.

Hal yang harus kamu ketahui setelah menggunakan domain, biasanya jumlah pengunjung akan berkurang dalam waktu beberapa hari, namun  jika kamu tidak melakukan langkah langkah seperti di atas besar kemungkinan blog kamu tidak akan muncul bahkan hilang dari Google Search Engine, selain itu diharapkan kamu untuk tetap mengupdate artikel dengan membuat konten-konten yang menarik dalam waktu singkat pengunjungpun akan normal seperti biasanya. Perhatikan juga nama domain yang kamu gunakan, pastikan domain tersebut memiliki keyword yang sama dari nama blog sebelumnya.
Demikian bebrapa tips dari saya semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang berencana ataupun baru menggati domain pada blognya. saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel