Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kost

Sebagai seorang perjaka yang sedang dalam masa pencarian (jodoh, pengalaman dan uang) tentu pernah mencicipi merantau. Pergi ke kawasan yang jauh dari kampung halaman, jauh dari keluarga dan jauh dari sahabat dan kerabat untuk bekerja mencari uang juga pengalaman bahkan tak sedikit juga yang mendapat bonus perempuan idaman.

Pada artikel kali ini saya akan membuatkan wacana pengalaman saya di perantauan khususnya dalam hal mengelola keuangan. Buat kau seorang perantau yang membaca artikel ini tentu pernah mencicipi segala sesuatu yang harus kita atur sendiri termasuk mengelola keuangan hasil jerih payah dalam bekerja.

Kenapa sebagai perantau kita harus menciptakan rencana pengelolaan keuangan?

Pada dasarnya rencana untuk mengelola keuangan bukan hanya untuk perjaka yang merantau saja, tapi semua orang. Tujuannya supaya penghasilan sanggup kita atur. Kalau keuangan kita kelola dengan teratur kita akan tahu berapa pemasukan dan berapa pengeluaran dengan begitu kita akan tahu tindakan apa yang akan kita lakukan kedepannya.

Bagi kebanyakan pemuda, khususnya yang gres mulai mendapat penghasilan sendiri mereka akan bertindak sesuka hati alasannya mereka berpikir “mumpung masih muda hasil jerih payah harus dinikmati” termasuk saya sendiri juga punya anutan menyerupai itu. Menurut saya anutan menyerupai ini memang benar tapi jangan berlebihan kita juga harus memperhatikan pemasukan dan juga pengeluaran. Jangan hingga awal gajian kita foya-foya pas sudah masuk tanggal renta untuk makan saja harus kasbon hehe.

Untuk itulah saya ingin membuatkan tips cara mengelola keuangan yang pernah saya lakukan. Ya paling tidak dengan tips ini menciptakan saya tidak kebingungan untuk makan pas tanggal renta berikut tipsnya.
Sebagai seorang perjaka yang sedang dalam masa pencarian  Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kost
Source: pixabay

1# catat penghasilan dan pengeluaran

Yang pertama ialah catat penghasilan dan pengeluaran mu dulu. Lalu catat juga pengeluaran selama 1 bulan yang sudah niscaya harus kau keluarkan. Misalnya untuk bayar kost, untuk makan, untuk pulsa, untuk bensin, untuk cicilan motor dan sebagainya.

2# sisihkan uang untuk pengeluaran yang sudah pasti

Pengeluaran yang sudah niscaya disini yang saya maksud ialah pengeluaran yang saya sebutkan pada point pertama. Seperti uang untuk bayar kost, untuk makan, untuk pulsa, untuk bensin, cicilan motor dan sebagainya. Sisihkan uang dari penghasilanmu untuk yang satu ini Jangan diganggu gugat alasannya jikalau diganggu gugat terkadang sanggup bikin kacau.

3# Sisihkan untuk dana darurat

Setelah menyisihkan untuk dana pengeluaran kau juga harus menyisihkan untuk dana darurat. Fungsinya yaitu untuk jaga-jaga jikalau ada sesuatu mendesak. Misalnya jikalau sakit, musibah dan sebagainya kau sanggup memakai uang ini supaya hening dan tidak menciptakan khawatir.

4# sisihkan untuk uang tabungan

Menabung ialah hal yang sangat diperlukan. Sebagai perantau tentu saja kau tidak mau jikalau suatu ketika kau pulang kampung ke kampung halaman tidak membawa apa-apa. Menabung juga sanggup kita gunakan untuk jaga-jaga jikalau dana darurat sudah habis terpakai. Selain itu menabung juga sanggup kau gunakan untuk keperluan yang kau inginkan menyerupai menikah atau yang lainnya.

5# sisihkan untuk uang pegangan

Uang pegangan ini ialah uang yang selalu ada didalam dompet. Bisa dipakai sebagai dana kepepet. Misalnya apabila ban motor bocor, atau pas makan pengen nambah lagi hehehe. Ya pada pada dasarnya uang pegangan ini fungsinya untuk kau pegang saja.

6# simpan uang darurat dan uang tabungan di bank

Uang darurat dan uang tabungan akan lebih baik kau simpan di bank supaya aman. Atau Bisa juga kau simpan di orang yang kau percaya. Tujuannya memisahkan penyimpanan uang ini ialah supaya kita tidak gampang mengganggu uang ini.

7# jangan lupa zakat, infaq dan shodaqoh

Pada pada dasarnya mau sekeras apa perjuangan kita, mau serapat apa kita menyimpan uang apabila dewa tidak menghendaki itu ialah rezeki kita, tetap saja uang itu akan hilang/habis juga. Maka dari itu jangan lupakan kewajiban kita untuk selalu menunaikan zakat, infaq dan shodaqoh. Dengan begitu mudah-mudahan dewa merahmati hasil perjuangan kita dan membuatnya jadi rezeki yang barokah.

8# hidup hemat dan hemat

Perlu diketahui mau sebesar apa penghasilan kita jikalau kita tidak cerdik mengelola keuangan dan hidup boros kita tidak akan sanggup kaya. Jangankan kaya, hidup cukup saja niscaya akan susah. Perlu diingat hemat itu beda dengan pelit. Hemat itu mengeluarkan uang untuk keperluan yang kita butuhkan. Sedangkan pelit ialah kita tidak mau mengeluarkan uang alasannya takut kekurangan.
Sebagai seorang perjaka yang sedang dalam masa pencarian  Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kost
Source: pixabay
Agar keuangan kita sanggup lebih optimal lagi, kita sanggup memangkas pengeluaran kita dengan beberapa hal yang mungkin sanggup kau lakukan misalnya ialah menyerupai dibawah ini.

1# jangan sewa kost sendiri

Saya sangat menyarankan supaya kau menyewa kost/kontrakan bersama beberapa orang teman. Tujuannya supaya sanggup patungan dalam membayarnya. Ini terbukti sangat tidak mengecewakan dalam memangkas pengeluaran. Selain itu hari-harimu juga akan selalu ceria alasannya selalu bersama sahabat hehe.

2# cari kost yang bersahabat dengan tempat kerja

Mencari kost yang bersahabat dengan tempat kerja tujuannya ialah supaya kau tidak perlu mengeluarkan ongkos lagi untuk perjalanan menuju tempat kerja. Ngekost di bersahabat tempat kerja juga menawarkan laba lain menyerupai kau jadi tidak perlu capek-capek alasannya melaksanakan perjalanan menuju tempat kerja.

3# bersepeda berangkat kerja? Boleh juga

Sepeda ialah kendaraan yang praktis, anti macet, tak perlu biaya jalan dan tentunya menyehatkan. Apabila kau tidak memungkinkan untuk mencari kost di bersahabat tempat kerja dan kau mendapat tempat kost yang jauh kau sanggup juga memakai sepeda untuk pulang pergi kerja. Tak perlu minder bersepeda itu keren saya juga masih melakukannya hingga sekarang.

4# di tempat kerjamu tersedia mess? Oke fix lebih baik tinggal disana

Mess ialah kemudahan yang diberikan oleh perusahaan untuk tempat tinggal para karyawannya. Biasanya terdiri dari beberapa kamar menyerupai mirip rumah kontrakan dan tentunya gratis. Sangat tidak mengecewakan kan? Kamu sanggup memangkas pengeluaran yang seharusnya kau gunakan untuk bayar kost sanggup kau gunakan untuk dikirim ke orang renta kau di kampung halaman sana.

5# rajin puasa sanggup mendekatkan dirimu kepada Tuhan

Sampai kini saya sering melaksanakan puasa khususnya puasa senin kamis. Sempat ada yang banyak cincong juga
“masa puasa cuma buat ngirit aja”
Aku sih hirau taacuh saja tidak saya hiraukan. Yang banyak cincong itu salah persepsi.

Puasa itu sanggup untuk banyak sekali tujuan. Tapi tujuan utamanya ialah mendekatkan diri kepada tuhan. Nah sanggup hemat dan hemat ialah manfaat dari puasa.

6# no smoking

Ilmu kedokteran memang sudah menawarkan warning untuk rokok bahkan di setiap bungkusnya juga disertai klarifikasi akan bahayanya rokok yang disertai gambar (kadang bikin risih) tapi sepertinya tidak menciptakan jera para perokok tapi its ok itu urusan mereka.

Tapi berdasarkan saya ada yang lebih ancaman dari rokok, yaitu sanggup menciptakan pengeluaran membengkak.

Kenapa begitu? Ok kita hitung-hitungan kini rata-rata perokok menghabiskan 1 bungkus rokok setiap harinya bahkan ada yang lebih. 1 bungkus rokok rata-rata harganya rp 20.000 dikalikan 30 hari wooow dalam sebulan kita sanggup menghemat pengeluaran rp 600.000 sangat tidak mengecewakan kan?
Sebagai seorang perjaka yang sedang dalam masa pencarian  Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kost
Source: pixabay
Pada pada dasarnya semua orang yang merantau impian mereka ialah ingin pulang ke kampung halaman dengan sukses. Tapi sukses itu sendiri tidak sanggup dicapai dengan mudah. Perlu kerja keras, pola hidup yang baik dan keuangan yang dikelola dengan baik juga.

Tips diatas semuanya ialah pengalaman langsung saya. Walaupun belum membawa saya ke puncak kesuksesan tapi paling tidak pada ketika saya pulang kampung tidak menciptakan saya aib alasannya pulang tidak membawa apa-apa. Oke sekian artikel wacana tips mengelola keuangan dari saya terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini dan tunggu artikel terbaru dari saya selanjutnya wasallam.

Sumber https://www.ekopriantoblogs.top/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel