Cara Melihat Sisa Free Ram Xiaomi (Miui) 100% Work!

Siapa yang tidak mengenal smartphone besutan Xiaomi yang sudah banyak beredar di pasaran ini. Pasti dari kau atau sahabat bersahabat juga ada yang mempunyai device tersebut alasannya dianggap sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika kau mempunyai perangkat ini, apakah kau sudah mengetahui bagaimana cara melihat sisa free ram Xiaomi yang benar?

Karena ternyata banyak dari pengguna Xiaomi yang masih terbilang awam belum dapat mengecek sisa free ram Xiaomi yang mereka miliki alasannya terbatasnya pengetahuan atau rasa ingin tahu terhadap gadged yang mereka gunakan.

Jika kau kebetulan juga belum mengetahuinya, maka kau barada di postingan yang sempurna ketika ini. Dimana pada artikel ini kau sudah dipastikan dapat cek sisa free RAM Xiaomi dengan sangat gampang tanpa membutuhkan aplikasi suplemen apapun.

Admin Petaponsel.com akan memperlihatkan kau tips menarik wacana bagaimana cara melihat sisa RAM Xiaomi yang berlaku untuk semua produk Xiaomi menyerupai Xiaomi Redmi Note 3 4 5, Xiaomi Mi 4 5 6, Mi Mix 2 3 4, dan produk smartphone Xiaomi lainnya.

Namun sebelum kau mengecek kapasitas RAM Xiaomi, ada baiknya kau mengetahui pengertian RAM. Random Access Memori atau disingkat RAM yakni memori yang dapat diakses secara acak sesuai dengan kebutuhan. Dimana memori tersebut mempunyai menyimpan sementara dari banyak sekali aplikasi yang sedang dijalankan pada sebuah perangkat.

Misalkan kau membuka sebuah aplikasi instagram yang berukuran 34MB maka jumlah RAM Xiaomi yang dipakai sudah 34MB bahkan dapat lebih alasannya banyak mendownload update tambahan. Sehingga jikalau Xiaomi kau mempunyai RAM 3GB kemudian kau gunakan untuk menjalankan banyak aplikasi menyerupai kamera, facebook, manager file, gallery, serta aplikasi lainn maka kapasitas RAM di HP kau niscaya menjadi berkurang drastis.

Maka dari itu, sebaiknya kau pikirkan matang-matang sebelum membuka banyak aplikasi. Saran dari admin Petaponsel.com sebaiknya kau jalankan aplikasi yang dianggap penting saja supaya jumlah sisa RAM Xiaomi kau tetap stabil semoga aplikasi berjalan dengan normal. Karena jikalau RAM penuh, maka Xiaomi kau niscaya menjadi macet, lemot, force close, dan bahkan dapat mati.

Apa Bedanya RAM dan Internal?

Kedua memori ini mempunyai fungsi yang berbeda, dimana Memori internal berfungsi untuk menyimpan semua data baik berupa instalasi aplikasi, dokumen, foto, video, dan banyak sekali file lain sesuai dengan kebutuhan si penggunanya.

Jika kau install aplikasi pada HP Xiaomi, maka data instalasi akan tersimpan pada memori internal. Nahhh.. sehabis aplikasi tersebut kau buka maka pada ketika itu RAM dipakai dan kapasitasnya menjadi berkurang. Jika kau tutup aplikasi tersebut maka RAM Xiaomi kau bertambah kembali.

Persamaan RAM dengan memori internal yaitu sama-sama menempel secara permanen pada perangkat Xiaomi kau sehingga RAM dan ROM tidak dapat diganti. Berbeda dengan memori eksternal yang dapat kau ganti kapasitas penyimpanannya sesuai cita-cita kamu.

Nahhh… kini kau sudah mengetahui pengertian RAM serta perbedaan dan persamaan RAM dan memori internal. Berikutnya kita eksklusif sanksi saja langkah-langkah bagaimana cara cek RAM Xiaomi di bawah!

Baca Juga: Tak Pernah Iklan, Kenapa HP Xiaomi Laris Manis?

Cara Cek Sisa Free RAM Xiaomi (MiUi 8) Ke Bawah!

Pertama kau tekan "tombol menu", yang berada pada bab paling kiri. Jika masih bingung, silahkan lihat gambar di bawah!


Setelah "tombol menu" di tekan, maka akan muncul sisa free RAM dari penggunaan akhir aplikasi yang telah kau jalankan menyerupai pada gambar di bawah!


Nahh... yang tertera angka "200 MB" yakni sisa free RAM HP Xiaomi yang kau miliki. Nahh... uUntuk menambah kapasitas RAM pada HP Xiaomi, silahkan kau klik tanda X (yang diberi bulat merah) pada multitasking tersebut. Sesudah kau klik tanda X, di klik maka kapasitas RAM pada HP Xiaomi kau niscaya nambah alasannya semua aplikasi akan tertutup.

NOTE: Cara di atas tidak akan support jikalau kau menggunakan MiUi 9 ke atas alasannya pada MiUi 9 ke atas sudah banyak mengalami perubahan oleh pihak Xiaomi sehingga langkah-langkahnya agak panjang sedikit. Untuk lebih jelasnya lihat di bawah!

Baca Juga: 8 Cara Unik Screenshot Xiaomi Tanpa Tombol Fisik

Cek Sisa RAM Pada Xiaomi (MiUi 9) ke Atas!

Jika kau menggunakan MiUi 9 ke atas ketika hidangan Task Manajer kau tekan maka tidak akan muncul sisa free RAM HP Xiaomi kau menyerupai gambar di bawah!



1) Untuk memunculkan jumlah sisa free ram Xiaomi silahkan kau Tahan Lama pada layar kosong Xiaomi yang menggunakan MiUi 9 ke atas tersebut, maka akan muncul menyerupai gambar di bawah! Kemudian kau pilih hidangan Setelan (Setting).


2) Setelah hidangan Setelan (Setting) terbuka selanjutnya muncullah beberapa hidangan menyerupai pada gambar di bawah! Kemudian kau pilih hidangan Lainnya (More).


3) Setelah hidangan Lainnya (More) kau buka maka muncul lagi hidangan persis pada gambar di bawah! Lalu kau aktifkan dengan meng-klik hidangan “Tampilkan status memori”.


4) Setelah hidangan “Tampilkan status memori” diaktifkan, kini kau dapat membuka hidangan Task Manajer dan lihat alhasil menyerupai gambar di bawah! Dan.. abrak kadabrakkkk…. Sisa free RAM Xiaomi kau sudah nongol.


Silahkan kau tutup aplikasi yang tidak terlalu penting alasannya jikalau sisa free RAM Xiaomi kau sudah luas kini kau dapat menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun ketika ini sudah terbebas dari semua hambatan menyerupai macet, error, force close lemot, dan sebagainya.

Jika kau menerapkan step by step dari langkah di atas dengan benar, maka kau sudah mendapat dua manfaat yaitu; pertama, kau sudah mengetahui sisa RAM HP Xiaomi yang kau miliki. Kedua, kau dapat melonggarkan kapasitas RAM Xiaomi dengan cara menghentikan aplikasi yang tidak penting yang berjalan di belakang background tersebut.

Baca Juga: 2 Cara Mengetahui HP Xiaomi Normal/ Rusak

Jika kau sebagai pengguna Xiaomi sudah mendapat manfaat tersebut, sebagai insan yang baik sudah menjadi kewajiban kau untuk memperlihatkan pengetahuan ini kepada teman, saudara, kerabat maupun keluarga terdekat kau dengan cara mengajari mereka atau membagikan link artikel ini ke meraka.

Oh ya, kau juga dapat melihat postingan terkait HP Xiaomi lainnya pada related post di bawah! Itulah tutorial tips bagaimana cara cek sisa free RAM HP Xiaomi yang terbukti 100% work. Semoga bermanfaat dan salam anget dari Petaponsel.com.
Sumber https://www.petaponsel.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel