Cara Mudah Mengatasi Android Lemot dengan Cepat

Saat ini hampir semua ponsel sudah banyak menggunakan Sistem berbasis Android.
Sistemyang berbasis Android menjadiakan ponsel lebih canggih dan memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, masalah yang sering muncul di kalangan pengguna Android ini yaitu lemot atau lambatnya ponsel ketika sedang asik beraktifitas, tak jarang bahkan beberapa kasus terjadi Force Close pada suatu aplikasi karena saking lemotnya.

Masalah lemot ponsel ini yang paling banyak dieluhkan oleh pengguna ponsel berbasis Android, sehingga mereka mencari solusi bagaimana cara agar Android beroperasi dengan lancar tanpa lemot atau lambat ketika menjalankannya.

Atau mungkin beberapa dari kamu yang baru saja membeli android merasa takjub dengan kecepatan kinerja yang di berikan. Akan tetapi setelah beberapa bulan pemakaian, kamu merasakan kecepatan dari smartphone kamu berkurang. Dan mungkin sekarang kamusedang bertanya-tanya apa ya penyebab kok kecepatan android kita berkurang ?

Maka dari itu sebelum kita lanjutkan ke cara mengatasi android Lemot, ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab lemotnya smartphone kamu saat ini.

Terlalu Banyaknya Aplikasi yang Terpasang

Setiap hari banyak aplikasi baru yang menarik muncul, Sehingga ada keinginan bagi penggunanya untuk sekedar mencoba sehingga melakukan penginstalan secara terus menerus tanpa memperhatikan kapasitas penyimpanan mereka. Ingat Penyimpanan bagaikan Ruangan saat kita bernafas, ketika semakin sempit ruang yang kita miliki maka android akan sulit bernafas lega.

Menumpuknya Chache Pada Ponsel Android

Kebiasaan pengguna Smartphone yang lain adalah ketika chatting dan browsing selalu membiarkan  riwayat atau history pada browser. Ini adalah salah satu penyebab Hp Android kamu menjadi Lemot di karenakan terkumpulnya semua chache di RAM sehingga berpengaruh dalam kecepatan pengoperasian Android.

Terlalu Banyak Multitasking

Penyebab lain masih di sebabkan oleh pengguna smarphone yang sering menggunakan aplikasi secara bersamaan. Aktivitas multitasking ini sangat membebani RAM dan Prosesor pada android kamu, maka dari itu jika smartphone kamu memiliki kapasitas RAM yang relative kecil sebaiknya kita kurangi aktifitas-aktifitas yang memakan RAM seperti multitasking ini.

Dan penyebab lain dari lambatnya smartphone android kamu juga dapat di akibatkan karena sudah melewati batas pemakaian wajar yang biasanya 2 sampai 3 tahun sebaiknya Smartphone di ganti demi kenyamanan pengguna.




Setelah mengetahui penyebab mengapa android kamu menjadi lemot, berikutnya saya akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi android yang lemot diantaranya,

1. Penyebab Penuhnya Memory Penyimpanan

Aplikasi yang terlalu banyak juga akan memenuhi ruang penyimpanan android kamu.
Padahal sebuah smartphone memerlukan ruang untuk bernapas agar bisa menjalankan suatu proses dengan cepat.

Jika memory terlalu penuh, maka kinerja android kamu akan mulai lemot. Ini hal pertama yang harus di hindari oleh semua pemilik Smartphone  android. Periksa berapa banyak ruang yang tersisa di pengaturan penyimpanan.

Salah satu cara yang paling mudah untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah menghapus aplikasi yang tidak di perlukan.
Jangan terlalu banyak menyimpan aplikasi karena akan berdampak buruk bagi kinerja android kamu. Dan ada baiknya jika kamu menyimpan data-data yang berukuran besar pada memory external.

Selain itu banyak aplikasi yang telah diinstal menggunakan cache data dalam upaya untuk mempercepat operasi android kamu.
Hal ini sangat efektif tapi hanya sampai batas tertentu saja. Dikarenakan jika cache data terlalu penuh maka hal sebaliknya akan terjadi yaitu terbebaninya system android kamu sehingga menjadi lemot.

Untuk mengatasi android yang lemot karena cache data terlalu penuh, kamu hanya perlu menghapus cache data tersebut melalui Pengaturan > Manage Application > Pilih Aplikasi yang inginkan > scroll kebawah dan temukan tulisan Clear cache.


2. Penyebab Terlalu Banyak Multitasking

Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya akan berdampak buruk pada kecepatan android kamu.

Multi-tasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tapi hal tersebut akan membuat kinerja android kamu semakin lemot.

Jadi sebaiknya kamu tutup saja aplikasi yang telah dibuka sebelumnya. setelah itu barulah jalankan aplikasi lainya, dan setiap kamu menutup aplikasi biasakan menggunakan fitur back pada smartphone kamu, Karena ketika kamu keluar dari aplikasi dengan menggunakan tombol HOME, beberapa aplikasi akan terus berjalan sehingga membebankan RAM android kamu sendiri.

3. Menggunakan Widget Secara Berlebihan

Perlu kamu ketahui bahwa widget juga bisa memperlambat kinerja android kamu. Karena saat data aktif, semua widget yang kamu pasang akan berjalan bersamaan.

Misalnya ketika kamu memasang widget cuaca dan widget berita seperti Yahoo News di layar home. Saat data aktif maka widget cuaca akan memperbarui ke kondisi cuaca terkini. Sedangkan widget Berita akan memperbarui status berita terkini juga.

Karena berjalan bersamaan maka otomatis RAM yang di pakai akan semakin besar.

Apalagi versi androidnya lebih tua seperti ginggerbread dan jellybean yang hanya memiliki kapasitas RAM yang pas-pasan, pastinya android tersebut akan bertambah lemot.



Sebenarnya beberapa sumber artikel yang telah saya baca sangat banyak berbagai macam cara untuk mengatasi android lemot, tetapi disini saya hanya membagikan penyebab Utama serta cara mengatasi lemotnya si Android ini. Intinya Hidari Smarphone dalam keadaan Multitasking secara berlebihan serta selalu perhatikan kapasitas penyimpanan pada android kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel