5 Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Image Source : google images

Bahasa Asing khususnya bahasa inggris merupakan suatu bahasa yang sudah ditetapkan sebagai bahasa Universal untuk saat ini. Bahasa Universal berarti Bahasa Umum yang berlaku untuk semua orang di seluruh Dunia. Maka dari itu kita hidup di zaman serba modern ini di wajibkan untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar

Bicara soal belajar Bahasa Inggris, kita sudah di ajarkan sejak memasuki Sekolah Dasar hingga jenjang Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi mengapa masih banyak diantara kita masih merasa masih kesulitan dalam bahasa inggris ?, Aneh bukan? Hal tersebut dikarenakan pada mindset kamu ketika kamu belajar disekolah, Fokusmu Belajar adalah untuk sekedar mendapatkan nilai sesuai standard yang ditetapkan di sekolah tersebut. Jadi mulai sekarang Ayo Belajar Bahasa Asing baik bahasa apa pun itu dengan lebih serius dan jangan berfokus pada nilai, Tapi fokuslah agar kamu dapat menguasai bahasa tersebut.

Sebelum saya ulas tentang Aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran Bahasa Asing. Saya akan memberikan beberapa tips yang bertujuan agar kamu dapat menguasai bahasa inggris dengan lebih cepat. Perlu di garis bawahi bawha cepat disini bukan berarti seperti “Jago Bahasa Inggris dalam 1 Jam” Hey Belajar bahasa Baru gak sesinggat itu bro. Saya tidak mengatakan bahwa belajar bahasa secara cepat itu salah, akan tetapi untuk mahir berbahasa asing diperlukan sebuah proses yang amat panjang.

Ingat kecepatan setiap orang dalam menguasai bahasa asing itu berbeda-beda karena di pengaruhi oleh Niat, jika kamu sudah mempunyai niat, tekad dan fokus yang kuat, tidak perlu waktu bertahun-tahun dalam waktu 3 bulan pun kamu sudah mampu berbicara dalam bahasa asing walaupun masih sedikit berantakan dalam frasa dan cara pengucapan.

Saya memberikan tips yang telah saya praktikan hingga saat ini, dan cara saya ini berhasil untul diri saya sendiri, caranya sangat simple yaitu untuk belajar bahasa asing biasakan beberapa hal berikut ini ;

  • Biasaka Mata untuk membaca tulisan dalam bahasa Asing yang ingin kamu pelajari dan temukan arti kata yang tidak kamu mengerti, jangan lewati dan carilah artinya didalam kamus, Hal ini bertujuan untuk menambah jumlah Kosa Kata kamu. Kosa Kata ibarat Cement dalam membangun, Semakin banyak kosa kata yang kamu tau, semakin kokoh Bahasa yang dapat kamu bangun


  • Biasakan pendengaran untuk mendengar percakapan dalam Bahasa asing, hal ini bertujuan agar melatih sesitifitas pendengaran kamu. Ingat semakin banyak yang kamu dengar semakin terbiasalah pendengaranmu dalam bahasa inggris sangat diperlukan pendengaran yang bagus agar tidak salah dalam menafsirkan arti kata dari lawan bicara nantinya. Dengan terbiasanya pendengaranmu kamu tidak akan kesulitan ketika hendak bercakap-cakap dengan tourist asing yang sedang berlibur ke Indonesia,


  • Ingat latih terus tata cara pegucapan mu. Berdiri di depan cermin lihat wajahmu dan anggap saja kamu berbicara dengan seorang Bule yang amat tampan/cantik, Bicaralah dengan sejelas-jelasnya dan penuh percaya diri walaupun tak beraturan, Lakukan terus menerus hingga rasa percaya dirimu semakin kuat untuk bercakap-cakap dengan orang lain yang sesungguhnya.


Selain Belajar Lewat cara yang telah saya jelaskan tadi , kamu dapat belajar melalui bimbingan kursus, dan tentunya sebuah kursus berbahasa inggris tidak menjamin kamu Langsung Bisa ketika usai mengikuti kursus tersebut. Semua kembali lagi pada diri pribadi sendiri. Daripada kita mengikuti kursus mahal-mahal, bagaimana jika kamu langsung belajar bahasa asing melalui Smartphone kesayangan kamu, disini saya akan mengulas 5 Aplikasi Yang dapat membantu kamu untuk memudahkan proses belajar Bahasa Asing, dimana pun, kapanpun asalkan ada Smarphone yang terhubung internet, kamu daoat belajar dengan bebas.

1.Duolingo:Learn Languages Free
 
Google Images
Duolingo adalah salah satu aplikasi yang mengusung konsep “Bermain sambil belajar”  yang mana  akan membuat kita lebih mahir berbahasa asing. Bukan hanya bahasa Inggris saja yang bisa kita pelajari melalui Duoliongo, karena Duolingo juga menyediakan pilihan pembelajaran bahasa lainnya seperti bahasa Spanyol, bahasa Perancis, bahasa Belanda dan beragam bahasa lainnya.

Pada tahap awal saat pertama kali membuka Duolingo, kita akan diberikan dua pilihan yaitu New User dan Existing User. Bila kita adalah pengguna baru, maka mulailah meregistrasikan akun baru menggunakan email, Facebook atau Twitter.

  • PROSES BELAJAR DENGAN DUOLINGO

Setelah selesai melakukan registrasi, kita akan diarahkan untuk memilih jenis bahasa apa yang ingin kita pelajari. Kita juga akan diajak untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui berbagai tes seperti 2 tingkat tes dasar, frasa, makanan, nama-nama hewan, frasa dalam bahasa asing, nama-nama warna, kata hubung dan berbagai tes dasar lainnya.

Pada setiap bahasa yang akan kita pelajari, bahasa asing tersebut dibagi menjadi 8 kategori yang masing-masing berisi 15 pelajaran yang berbeda-beda. Proses awal belajar tentu akan diisi oleh materi yang mudah dengan level kesulitan yang terus meningkat. Bila kita lulus dalam beberapa materi pelajaran, kita akan mendapatkan bonus reward untuk naik ke level selanjutnya. Dalam setiap tes pelajaran di Duolingo, kita punya 4 nyawa yang harus dipertahankan agar tidak kembali lagi ke tes bagian awal.

  • KONDSEP BERTEMAN DAN BELAJAR


Selain hanya belajar tentang dasar-dasar bahasa, aplikasi ini juga memberikan ujian akhir untuk setiap sesi yang diselesaikan. Hal ini dilakukan oleh pembuat aplikasi agar pengguna tidak mudah lupa dengan materi dan bisa berlatih memecahkan soal yang berkaitan. Anda akan diberikan pilihan untuk menguji kemampuan lewat fitur Uji Dini 7 Skill atau Uji Dini 10 Skill.

  • TERDAPAT UJIAN DI SETIAP AKHIR SESI


Selain hanya belajar tentang dasar-dasar bahasa, aplikasi ini juga memberikan ujian akhir untuk setiap sesi yang diselesaikan. Hal ini dilakukan oleh pembuat aplikasi agar pengguna tidak mudah lupa dengan materi dan bisa berlatih memecahkan soal yang berkaitan. Anda akan diberikan pilihan untuk menguji kemampuan lewat fitur Uji Dini 7 Skill atau Uji Dini 10 Skill.

  • DAPATKAN HADIAH DENGAN KEMAMPUANMU


Fitur terakhir yang ada di aplikasi ini adalah fitur Toko Online Duolingo. Toko online ini menyediakan beragam keperluan bermain game untuk meng-upgrade level dan membantu mendukung tes di setiap levelnya. Ini menjadi afirmasi tersendiri bagi para penggunanya agar sebisa mungkin dapat menyelesaikan tugas yang diberikan agar nantinya diberi imbalan untuk berbelanja items di Toko Online Lingot.


2. Memrise : Learn a New Language

Google Images

Selain Duolingo, ada juga aplikasi serupa bernama Memrise. Ia memberikan metode pembelajaran komprehensif. Anda akan dituntun untuk mempelajari kosakata dengan berulangkali hingga Anda hafal di luar kepala. Setiap naik tingkat ke tahap selanjutnya, akan ada tes untuk menguji kosakata yang telah dipelajari sebelumnya. Ada banyak sekali pilihan bahasa yang bisa dipilih, dari bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Spanyol, Jerman, dll.

Memrise juga menyediakan beragam kursus gratis yang dikemas secara apik untuk membantu siapa saja dalam proses belajarnya. Media ini begitu mudah diikuti bahkan bagi mereka yang masih kanak-kanak. Karena media ini mengusung konsep yang sama seperti media sosial lainnya. Ditambah, dengan keunggulannya yang menitikberatkan pada ilmu pengetahuan.

3. Busuu –Easy Language Learning
 
Google Images
Mengunduh aplikasi Busuu hampir serupa dengan mengambil kursus bahasa asing secara online. Karena, di aplikasi ini kamu akan menemukan banyak materi pembelajaran dan latihan, mulai dari membaca, hingga mendengar dalam bahasa asing! Tentunya, ada juga orang-orang yang akan membantu kamu secara virtual.

4. Learn 50 Languages
 
Google Images
Sesuai namanya, aplikasi ini dapat mengajarkan 50 bahasa populer. Tersedia fitur gabungan audio dan teks untuk belajar bahasa yang efektif. Aplikasi ini berisi 100 pelajaran yang memberikan kamu kosakata dasar, kamu akan belajar untuk berbicara kalimat pendek dengan fasih dalam percakapan dunia nyata dalam waktu singkat.

100 pelajaran yang tersedia akan membantu kamu belajar dengan cepat, sehingga dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Seperti di hotel atau restoran, saat liburan, obrolan ringan, untuk memperkenalkan orang, belanja, di dokter, di bank, dan lainnya.

5. Learn English Conversation


Memungkinkan kamu belajar percakapan dalam bahasa Inggris secara cepat. Ada banyak contoh yang disediakan dan harus kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan secara offline. Kamu tinggal mendengarkan percakapan kemudian berlatih berbicara sendiri. Simpan kosakata kamu kemudian berlanjut dengan bermain game untuk belajar kosakata lainnya. Kamu juga dapat menerjemahkan kata-kata dengan kamus Inggris-Indonesia online yang terdapat di dalam aplikasi.

Itulah beberapa aplikasi Android yang dapat kamu gunakan untuk membatu proses belajar bahasa inggris kamu dengan lebih efektif.Ingat tidak usah terburu-buru dalam mempelajari sesuatu yang baru, semua sudah ada prosesnya masing-masing dan nikmatilah proses tersebut sebagai tantangan dalam mencapat targetmu.dan Mohon Maaf yang sebesar-besarnya atas ucapan saya yang sekiranya ada kata-kata yang bersifat menyinggung hati para pembaca sekalian, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel