Tips Memilih Power Bank Berkualitas Tinggi,


Power Bank merupakan sebuah gadget yang dapat menyimpan daya dalam satuan yang di sebut dengan Mili Ampere per Hour atau yang lebih kamu kenal sebagai mAh. Karena kemampuan penyimpanan daya tersebut, Power Bank dapat di gunakan sebagai pengganti baterai sementara untuk gadget lainnya yang menggunakan daya baterai. Dengan penggunaan dan desain yang cukup simple, membuat Power Bank ini merupakan suatu gadget yang harus di bawa ketika ingi berpergian yang cukup jauh.

Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa Power Bank hanya dapat di gunakan untuk mengisi daya Baterai Smartphone mereka, akan tetapi sebenarnya banyak sekali manfaat dari Power Bank yang belum kamu ketahui seperti,

         Menghidupkan lampu Emergency
         Untuk menghidupkan Kipas Angina mini,
         Power Bang juga dapat di gunakan untuk menghidupkan Modem Wifi,
         Menghidupkan Speaker, dengan dukungan port USB,
         Dan masih banyak lagi..

Setelah kamu tau bahwa Power Bank gak Cuma bisa di pakai untuk mencharge Smartphone, saya rasa mungkin bagi kamu yang belum pernah punya Power Bank sebelumnya, masih bingung gimana sih cara memilih Power Bank yang kualitas dan performanya bagus? Maka dari itu disini saya sebagai teman kamu ingin membagikan beberapa pengalaman saya bulan lalu ketika saya hendak membeli sebuah Power Bank untuk menemani perjalanan mudik saya,

1. Kapasitas Power Bank (mAh)


Seperti penjelasan saya untuk power bank di atas. Sebuah Power Bank memiliki kemampuan menampung daya sebanyak digit yang di tuliskan dalam satuan mAh(Mili Ampere per Hour)

Dalam pemilihan Power Bank berkualitas yang paling utama kita perlu memperhatikan jumlah penyimpanan daya yang biasanya di tuliskan dalam bentuk mAh karena jumlah mAh yang tertulis merupakan salah satu faktor terpenting karena semakin besar jumlah mAh maka semakin lama pula kita dapat menggunakan Power bank tersebut akan tetapi tetap lihatlah kualitas dari produk sebelum kamu membelinya.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki sebuah smartphone dengan daya baterai sebesar 3000 mAh, dan di saat yang sama kamu memiliki sebuah Power Bank dengan kapasitas 10.000 mAh. Berapa kali kita dapat mencharge smartphone kita secara penuh ?
Jawabannya tidak pasti tiga kali. Mengapa ? banyak faktor penyebab power Bank tidak dapat memberikan daya tampung sesuai jumlah mAh yang di tulis salah satu penyebabnya di karenakan pengisian daya Power Bank yang terlalu cepat, dan umur Power Bank yang sudah cukup tua, serta yang paling parah Jebakan Produsen dengan memalsukan jumlah mAh yang di tulis.  

JadiMas apa semua Power Bank dengan kapasitas Extra Besar memiliki kualitas yang bagus ?“

Jawabannya tidak, mengapa ? yang pertama, Karena bisanya jika kita berniat untuk membeli kapasitas di atas 10.000 mAh dengan kualitas bagus. Pada umumnya memiliki harga yang lumayan mahal. Karena hal tersebut kamu memutuskan untuk membeli sebuah Power Bank dengan penyimpanan yang sama akan tetapi dengan harga yang murah(Merk abal abal).
Saya tidak menyarankan untuk membeli Power Bank dengan kualitas abal abal karena daya yang di hasilkan akan berakibat buruk nantinya pada Hardware gadget kesayangan kamu.  

2. Merek Asli dan Ternama


Pilihlah merek Asli dan Ternama Power Bank dengan keaslian produk tersebut, Merek merupakan penanda apakah barang itu sudah ternama atau belum, maka dari itu biasanya produk – produk yang sudah memiliki nama dan sudah teruji keasliannya biasanya memilik kualitas dan harga yang lebih mahal tentunya jika di bandingkan dengan merek yang belum ternama.

Akan tetapi banyak produsen nakal membuat produk abal abal mengatasnamakan produk yang sudah terkenal atau yang lebih kita kenal dengan pemalsuan produk, sebaiknya kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih dan ingat jangan tergiur dengan harga yang di bawah rata rata. Saya menyarankan kamu gunakan merek ternama seperti : ASUS, SONY, VIVAN, dan masih banyak lagi.

Usahakan kamu membeli produk dengan garansi dari pabrik, jika memang tidak ada garansi pabrik setidaknya kamu harus mendapatkan garansi dari toko, minimal 1 minggu penggunaan agar lebih aman.

3. Perhatikan Fitur dari Power Bank


Fitur merupakan pertimbangan yang wajib sebelum kamu membeli Power Bank, Kebanyakan orang termasuk saya sebelumnya berfikir Power Bank hanya di gunakan untuk mencharge Gadget saja.
Padahal Fitur dari Power Bank memiliki  peran yang cukup penting untuk kelangsungan dari gadget dan Power Bank kamu nantinya.

Fitur yang pertama yaitu  Short Circuit Protection Adalah sebuah fitur Adalah sebuah fitur proteksi jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik power bank maupun gadget/ handphone Anda terhindar dari kerusakan.

Fitur Yang kedua Over Charging Protection.  Merupakan sebuah fitur yang mencegah pembengkakan pada baterai kamu. Fungsi dari fitur ini ialah melindungi gadget Anda dari kerusakan apabila gadget/ handphone di charge terlalu lama, misal di charge semalaman ditinggal tidur, fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika baterai gadget/ handphone sudah terisi penuh.

Fitur yang terahkir yaitu Temperature Protection. Fitur ini akan membantu untuk mendeteksi adanya panas berlebihan pada saat melakukan pengisian, yang biasanya mengakibatkan power bank atau gadget terbakar.

4. Bentuk Power Bank


Model atau Bentuk pada merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadapt kenyamanan dalam penggunaan kamu nantinya, Carilah bentuk powerbank yang Sederhana atau simple, Hindari juga memilih powerbank dengan ukuran besar, dan hindari juga powerbank yang memiliki bentuk kecil, mengapa?
Tidakkah kamu merasa aneh ketika melihat ukuran Power Bang yang kecil tetapi memiliki kapasitas di atas 10.000 mAh? Hal tersebut patut kamu curigai. Akan tetapi sebaiknya kamu memilih bentuk sesuai kapasitas dan kenyamannan kamu pastinya.


Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan pada hari ini, dan ingat memilih powerbank sebaiknya di sesuaikan sesuai Budget yang kamu punya. Jika kamu memilih dengan cermat serta menggunakan tip yang telah saya bagikan di atas dan tidak terburu buru, kamu pasti akan mendapatkan Power Bank dengan Kualitas yang bagus dan pastinya gadget kamu akan lebih terhindari dari kerusakan pada hardware.

Oh iya jika kamu mempunyai / menemukan produk Power Bank yang kualitasnya bagus silahkan jangan ragu untuk berbagi disini melalui kolom komentar di bawah, Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel