Jenis – Jenis Kategori dalam Game


Game  merupakan suatu kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti permainan, permainan merupakan suatu kegiatan yang memiliki berbagai aturan yang harus di pahami oleh pengguna atau pemainya. Di dalam game di perlukan sekenario agar alur suatu permainan menjadi jelas dan terarah, suatu sekenario di dalam permainan bisa berupa settingan map, alur cerita, level, dan lainya.
Suatu alur atau cerita tersebutlah yang akan membentuk suatu Kategori didalam game tersebut, misalnya ketika kamu bermain game bertemakan Tembak-tembakan, maka game tersebut berkategorikan FPS.
Layaknya sebuah Film,yang memiliki Genre. Game pun memilik beberapa Kategori di antaranya,

Action Game,

Game jenis ini menghadiri fitur  utama berupa aksi, dalam game bergenre action kamu di haruskan memiliki ketrampilan dan reaksi yang cepat untuk menghindari rintangan dan menghadapi musuh nantinya. Intinya Game dengan Genre Action menuntut kamu untuk menggunakan refleks, akurasi serta timing yang pas, Contoh Game Action diantaranya Dead Trigger 2, Dee Hunter, Zombie Buster,Mobile Legend:BangBang, Shadow Fight 2, dll.

Fighting Game

Game Genre Fighting merupakan turunan dari Game Action dimana dalam bermain kamu di haruskan juga memiliki ketrampilan dalam reaksi yang cepat untuk melawan musuh. Perbedaan dengan game action berada dimana para pemain di izinkan untuk bebas memilih karakter yang terdapat dalam game dengan kemampuan yang berbeda beda, biasanya pertarungan di hadirkan dengan pertarungan one by one (1 Vs 1) dalam satu arena terbatas. Contoh yang mungkin sudah tidak asing kamu dengar yaitu : Tekken Series, Mortal Kombat, dan Street Fighter.

First Person Shooter (FPS) & Third/3rd Person Shooter ( TPS)

Seperti namanya Shooter yang berarti penembak, FPS merupakan game tembak-tembakan yang menggunakan sudut pandang orang pertama, maksudnya sudut pandang orang pertama itu adalah dimana kamu ketika mulai bermain kamu hanya melihat tangan dan senjata yang dapat kamu arahkan untuk membidik lawan. Contoh game FPS yaitu : Cirisis Action, Point Blank, Counter Strike dan lainnya.

Sedangkan untuk TPS( 3rd Person Shooter) Sendiri menggunakan sudut pandang orang ketiga di mana ketika kamu mulai bermain penampilan karakter yang kamu kendalikan bukan berupa tangan dengan senjata, melainkan sebuah tokoh yang sedang memegang senjatanya. Contoh : Dead Space ,  Hallo, Point Blank Mobile, Over Kill 3, Shadow Gun: Dead Zone, dll

Real Time Strategy  (RTS)

Game RTS mungkin kamu sudah tidak asing dengan Clas Of Clans, Clas of clans merupakan suatu game terlaris dimana game tersebut menitik beratkan pada unsur strategi, di mana kita dapat mengatur semuanya mulai dari sumber daya, pasukan, serta pertahanan sendiri. Contoh lainnya yaitu Clash Royale, Game Of War-Fire Age, dll.

Role Playing Game (RPG),

RPG merupakan suatu game yang biasanya mengandung unsur berupa Level.  Dimana di dalam game kita bebas menjelajah dunia game itu sendiri. Dan tentunya setiap karakter yang kamu pilih memiliki ketrampilan atau skill yang berbeda bahkan dapat berkembang beriringan dengan level dan tentunya sesuai yang diinginkan oleh pemain. Game RPG Online atau biasa di sebut MMORPG (Massively Multiplayer Online) merupakan Genre game yang sangat popular di Indonesia karena tiap karakter kamu akan dapat bersaing langsung dengan orang lain di dalam game tersebut. Contoh game MMORPG yaitu ; Dragon Nest, Seal Online, Avabel Online(Android), dll.

Adventure Game,

Berbeda dengan game RPG, dimana adventure Game ini memiliki tujuan atau goals yang jelas dalam permainannya sedangkan RPG lebih memfokuskan untuk meningkatkan kekuatan dari karakter masing masing. Dalam Adventure Game ketika pemain sudah menyelesaikan tujuan atau Quest utama dari alur cerita tersebut, pemain biasanya akan menemukan Ending dari sebuah game tersebut. Contoh Game Adventure yaitu :Tomb Ridder , Rayman the adventure, dll

Sport Game,

Game jenis Sport hadir bagi kamu yang gemar dalam bidang olah raga. Game ini memiliki gameplay berupa jenis olah raga seperti Sepak Bola, Volley, Tennis, Basket, Base Ball, dll. Intinya para pemain akan bertanding langsung melalui dunia virtual. Contoh game yang pasti kamu kenal yaitu Pro Evolution Soccer, NBA, 8 Ball Pool, Fishing Hook, dll.

Racing Game,

Racing Game merupakan suatu game yang berupa balapan, dalam game ini pemain di tuntut untuk mampu mengemudi dan mengendalikan mobil, atau kendaraan lainnya, biasanya game ini bertipe kompetisi, dimana game ini akan sangat memicu adrenalin kamu untuk menjadi juara di sircuit.
Contoh game Racing yaitu Real Racing, Need For Speed, Asphalt, dll

Simulation Game,

Simulasi game merupakan sebuah game dengan menghadirkan konsep dunia nyata, yang dimana kita menjalani kehidupan manusia atau orang lain seperti menjadi wali kota yang membangun perkembangan kotanya sendiri, orang terdampar yang harus berusaha untuk hidup, supir bus yang harus membawa penumpang selamat sampai tujuan, dan masih banyak lagi.
Simulasi game memaksa kamu harus berfikir untuk mendirikan, membangun serta berkembang akan tetapi dengan dana yang sangat terbatas, Contohnya The Sims.Hay Day, Bus Simulation, Tahu Bulat dll

Endles Runner Game,

Game dengan Genre Endless Runner menyajikan permainan sederhana di mana karakter yang kamu kendalikan akan terus berlari dan kamu harus menentukan kapan karakter tersebut melompat atau menghindari rintangan Biasanya game ini di tentukan dengan Score sebagai ajang untuk berkompetisi. Genre ini memang sangat sederhana,akan tetapi jika game ini di kemas dengan grafik yang bagus dan keren walaupun dengan kesederhanaan gameplay yang disuguhkan akan menjadi terasa sangat adiktif. Contohnya yaitu : Temple Run, Subway Surfer, Sonic Dash. Minion Rush, dll
  
 Arcade Game,

Genere jenis ini masih menjadi pertanyaan di karenakan game arcade hampir mirip dengan Adventure game, memang beberapa orang ada yang mengatakan Acrade dan Adventure merupakan game yang sama, akan tetapi menurut beberapa forum yang telah saya baca bahwa pada Game Arcade sendiri merupakan sebuah game yang hampir tidak memiliki unsur cerita yang jelas di dalamnya, berbeda dengan game adventure dimana game adventure merupakan game dengan tujuan yang jelas serta tidak jarang para pemain akan menemui berbagai macam puzzle dalam perjalanannya. Berbeda dngan arcade, dalam game arcade di kemas lebih ringan dari game adventure, Contoh game Arcade seperti Pac man, Brick Breaker, Angry Bird,dll.


Sebenarnya masih banyak sekali genere yang belum saya sampaikan, akan tetapi dari namanya mngkin kamu sudah tau seperti, Puzzle Game(Teka-teki Ex: Cut The Rope), Board Game(Game Papan Ex Get Rich,), Casino Game(Game Perjudian Ex: Pokker), Educational Game(Game Pendidikan Ex Game Asah Otak), dan Casual game( game yang mudah di mengerti Ex: Candy Crus)

Dan ada juga yang di namakan MMO ( Massively Musltiplayer game) MMO ini tidak hanya terdapat dalam game RPG, akan tetapi MMO dapat di selipkan ke berbagai genere seperti MMOFPS dan lainnya. MMO atau mungkin kamu lebih mengenalnya dengan istilah Game Online.  memungkinkan kamu untuk bermain dengan teman kamu dengan jarak yang tidak terbatas dengan syarat masih terhubung dengan internet, MMO juga tidak membatasi player yang dapat bergabung dalam game tersebut.


Itulah beberapa Kategori game yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, saya harap teman tekno menjadi lebih tau genre apa sih game yang kamu selalu mainkan sampai saat ini. Oh iya jika teman tekno punya Rekomendasi game seru ataupun mengetahui Kategori yang belum sempat saya sampaikan, kamu bisa langsung bagikan disini melalui komentar di bawah, Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel