Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Yang Sudah Dibayar
Sebagai dropshiper, terkadang saya juga ceroboh saat melaksanakan pembelian untuk memproses penjualan saya di toko lain. Pernah ada yang beli brangkas model buku dengan ukuran yang besar, saat saya meneruskan orderan itu ke Tokopedia, yang saya orderin yang ukuran kecil. Ingat banget waktu itu saya tidak baca ukuran produknya. Sehingga saat saya beli di Tokopedia dengan harga yang terbilang sangat murah eksklusif saya beli.
Kesalahan order itu terungkap saat saya mau rekap order yang masuk dari toko online lain dan pembelian saya ke Tokopedia. Ternyata untuk ukuran brangkas model buku ukuran besar kosong di supplier sesudah menemukan perbedaan orderan masuk dan pembelian saya.
Untuk menjunjung tinggi profesionalitas saya sebagai penjual, saya pun eksklusif menghubungi pembeli yang order di toko online saya di marketplace lain. Berhubung akun saya di marketplace lain kena pembatasan akun jadi tidak dapat screen shoot percakapan. Makara kira-kira ibarat ini:
Untuk membatalkan pesanan di Tokopedia caranya sebagai berikut:
Kesalahan order itu terungkap saat saya mau rekap order yang masuk dari toko online lain dan pembelian saya ke Tokopedia. Ternyata untuk ukuran brangkas model buku ukuran besar kosong di supplier sesudah menemukan perbedaan orderan masuk dan pembelian saya.
Saya: Selamat pagi kk? Mau konfirmasi untuk pesanan brangkas model buku ukuran besar habis, kalau mau size yang kecil eksklusif kami proses hari ini. terimakasih.
Pembeli: Gak jadi, cancel saja kalau gitu!Gak nunggu usang eksklusif saja saya inisiatif untuk cancel orderan yang sudah terlanjur dibayar. Saya eksklusif menghubungi penjual sebagai supplier saya untuk membatalkan pesanan saya dengan alasan salah order. Karena sudah langganan jadi pengajuan cancel pesanan eksklusif di setujui. Langkah selanjutnya saya membatalkan pesanan pembeli saya dengan menunjukkan kopensasi isyarat voucher semoga ia kembali lagi untuk belanja online di toko saya.
Untuk membatalkan pesanan di Tokopedia caranya sebagai berikut:
Melalui Desktop
- Login akun Tokopedia, Klik icon amplop / pesanan di Homepage
- Pilih status pemesanan.
- Klik olok-olokan penghapusan atas invoice yang ingin dibatalkan.
- Muncul popup pengajuan pembatalan. Kemudian isikan alasan penghapusan pesanan, ajukan.
- Pengajuan penghapusan pesanan akan dikirim ke penjual dan menunggu respon maksimal 2x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.
Melalui Mobile
- Login ke aplikasi Topedia, Klik icon 3 strip di sebelah kiri
- Klik pembelian, kemudian status pemesanan
- Klik olok-olokan penghapusan atas invoice yang ingin dibatalkan.
- Muncul popup pengajuan pembatalan. Kemudian isikan alasan penghapusan pesanan, ajukan.
- Pengajuan penghapusan pesanan akan dikirim ke penjual dan menunggu respon maksimal 2x24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.
Catatan:
- Tombol Ajukan Pembatalan gres akan muncul sesudah 6 jam semenjak pembayaran Anda diverifikasi oleh Tokopedia atau semenjak pesanan diteruskan ke Penjual.
- Tombol Ajukan Pembatalan akan hilang jika:
Anda sudah pernah mengajukan penghapusan untuk pesanan tersebut.
Penjual sudah memproses pesanan.
- Penjual berhak menolak penghapusan pesanan dari pembeli alasannya yaitu alasan tertentu, ibarat produk sudah terlanjur dipesan ke supplier, dan sebagainya. Jika hal tersebut terjadi, penjual akan tetap memproses pesanan ibarat biasa dan kau dapat memantau status pesanan secara berkala.
Sumber ini saya kutip dari help center tokopedia. Karena kebetulan saya belum ada transaksi yang di batalkan jadi tidak ada metode tutorial gambar. Semoga bermanfaat.