Apa Itu Bios? Dan Apa Fungsinya ?



www.mediatronika.com - Apa itu BIOS dan Apa Fungsinya ?

Kata BIOS yaitu kependekan dari Basic Input and Output. Lebih dari sekedar namanya BIOS merupakan salah satu komponen utama. tanpa BIOS maka sistem operasi tidak sanggup berfungsi dengan baik.

Sejak era DOS (Disk Operating System), BIOS hadir (bahkan sebelum DOS terstruktur dibentuk oleh Microsoft yang kita kenal sangat baik). Meskipun Anda tidak sering melihat BIOS, ini sangat penting biar komputer Anda berfungsi.

 Lebih dari sekedar namanya BIOS merupakan salah satu komponen utama Apa itu BIOS? dan Apa Fungsinya ?
Apa itu BIOS? dan Apa Fungsinya ?


Apa bekerjsama BIOS itu?

BIOS yaitu firmware, singkatnya. BIOS disimpan pada sebuah chip pada bab motherboard komputer dan intinya satu set isyarat yang dijalankan untuk membantu memuat sistem operasi Anda. Sistem Operasi akan gagal memuat, jikalau tidak memakai BIOS.

Anda sanggup melihat isyarat BIOS setiap kali menghidupkan komputer. Intruksi ini berfungsi untuk menyidik apakah ada kesalahan pada Processor atau RAM komputer Anda.

Beberapa Fungsi BIOS yaitu :

 Lebih dari sekedar namanya BIOS merupakan salah satu komponen utama Apa itu BIOS? dan Apa Fungsinya ?
Apa itu BIOS? dan Apa Fungsinya ?
  1. Memeriksa setiap kompartemen (ruang) RAM untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik.
  2. Setelah RAM dan Processor diperiksa, lalu menyidik semua perangkat lain yang terhubung ke komputer Anda menyerupai keyboard dan mouse.
  3. Setelah ini, BIOS menyidik opsi booting.
  4. Berbagai pilihan Boot diatur secara berurutan sesuai urutan prioritasnya. Anda bekerjsama sanggup melihat ini dengan masuk ke BIOS ketika booting. Pilihannya seperti: Boot dari CD-ROM, Boot dari Hard Drive, dan lain-lain.
  5. Kemudian menyidik bootstraps pada banyak sekali perangkat dalam urutan yang ditentukan.
  6. Setelah semua kondisi di atas selesai, ia melewati kontrol ke sistem operasi dengan memuat bab utama OS ke bab RAM yang dicadangkan untuk OS.
Ini bukan daftar lengkap fungsi BIOS. BIOS juga menyidik CMOS, dan banyak sekali chip lainnya untuk mengatur tanggal dan waktu pada komputer, dan juga untuk memuat driver perangkat ke dalam memori sistem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel