Karakteristik Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khasnya

Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khas Kopi Excelsa yang sangat khas - Mungkin bagi sebagian agak gila dengan istilah kopi excelsa Wonosalam, jenis kopi excelsa yang sudah mulai terkenal akhir-akhir ini, Alhamdulillah bisa menciptakan aku ketagihan dari rasa kopi excelsa Wonosalam Jombang yang khas tersebut.
Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khas Kopi Excelsa yang sangat khas  Karakteristik Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khasnya

Karena itu, pada artikel kali ini aku kan membagikan beberapa hal terkait kopi jenis excelsa kepada Anda sekalian khusunya para penikmat kopi nusantara mulai dari karakteristik kopi excelsa, rasa kopi exselsa dan lain-lain.

Baca: Perbedaan Kopi Excelsa, Arabica, Robusta dan Liberica

Kopi Excelsa


Kopi excelsa Wonosalam merupakan salah satu jenis kopi nusantara yang dihasilkan oleh petani wonosalam semenjak tahun 80 an. Pada dasarnya banyak sekali kopi yang dihasilkan oleh petani wonosalam, namun yang paling terkenal dari beberapa kopi tempat Wonosalam ialah kopi arabika dan kopi robusta.

Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khas Kopi Excelsa yang sangat khas  Karakteristik Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khasnya

Karakteristik Kopi Exelca Wonosalam


Meskipun kopi arabika dan kopi robusta Wonosalam yang dikenal oleh masyarakat luas dengan rasa khasnya. Kopi Excelsa Wonosalam ini juga mempunyai sebuah rasa khas yang sangat patut untuk Anda coba.

Rasa kopi excelsa Wonosalam ini mempunyai rasa pahit yang mendominasi dengan ekstensi rasa manis, asam dan sepat dengan tidak meninggalkan rasa gurihnya. Harmoni cita rasa kopi inilah yang sangat membedakan kopi excelsa dengan jenis kopi yang lainnya, apalagi kopi pabrikan. Sehingga harga dari kopi excelsa inipun terbilang relatif mahal apabila dibandingkan dengan kopi arabika maupun kopi robusta.

Disamping sebab rasa jhas dari kopi excelsa yang memang mempunyai daya khas tersendiri, Kopi excelsa juga merupakan jenis kopi yang mempunyai jumlah tumbuhan yang semakin usang semakin berkurang. Harga mahal yang didapatkan merupakan sebuah kemakluman yang sanggup diterima.

Baca: Tempat Ngopi Di Mojokerto Paling Hist 2018

Kelebihan Kopi Exselsa Wonosalam


Kelebihan kopi excelsa salah satunya ialah penyesuaian terhadap cuaca iklim serta perubahan iklim eksteim yang jauh lebih baik daripada jenis yang lainnya. Selain itu, kopi excelsa juga mempunyai ketahanan yang lebih terhadap banyak sekali serangan hama dan penyakit yang biasanya menyerang flora kopi.

Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khas Kopi Excelsa yang sangat khas  Karakteristik Kopi Excelsa Wonosalam Dengan Rasa Khasnya

Disamping itu, batang pohon kopi excelsa sanggup mencapai 8 meter lebih. Oleh jadinya petani kopi excelsa kurang menyukai jenis kopi ini. Karena akan sangat merepotkan pada ketika perawatan maupun pemanenan. Tanaman kopi excelsa ini juga mempunyai kelebihan tahan terhadap kondisi panas dengan sedikit air.

Menikmati Kopi Excelsa Wonosalam


Agar Anda sanggup mencicipi cita rasa mauoun karakteristik kopi excelsa wonosalam, seharusnya Anda mengetahui cara penyeduhan yang benar berikut ini:

  • Kopi excelsa wajib diseduh dengan air mendidih, bukan air panas termos maupun dispenser
  • Setelah diseduh dan diaduk, maka tutup gelas atau cangkir yang Anda gunakan selama 1-2 menit. Dengan cara ini, kopi excelsa yang terseduh akan benar-benar matang dan menghasilkan endapan (letek) dibagian bawahnya. Jika kopi excelsa tidak memakai air yang mendidih, maka rasa khas yang dihasilkan akan berkurang serta menciptakan perut Anda kembung kalau Anda tetap saja meminumnya
  • Setelah 1-2 menit sudah terlewati, maka silahkan Anda nikmati kopi excelsa dengan rasa pahit, manis, asam serta sepetnya ditempat yang bisa menciptakan Anda nyaman dan rileks.
  • Buatlah ketika saat itu sebagai ketika terbaik dalam hari Anda dengan secangkir kopi excelsa

Perlu diketahui bahwa banyak sekali pihak yang menjual kopi exelsa dengan harga orisinil yang mahal, namun tidak memperlihatkan kopi excelsa yang benar-benar orisinil dari Wonosalam. Jika Anda ingin mencicipi kopi murni excelsa satu ini, silahkan Anda ke Wonosalam, sebab tumbuhan kopi exelsa ini sudah hampir menyebar diseluruh wilayahnya. terutama yang paling mayoritas terdapat di Desa Carangwulung, Sambirejo, dan Jarak.

Anda tertarik dengan keistimewaan dan keunikan rasa sepat kopi exelsa ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel