Penyebab Komputer Sering Restart Beserta Cara Mengatasi



Komputer merupakan perangkat elektronik yang sangat berkhasiat bagi kehidupan kita, alasannya dengan komputer kita sanggup mengerjakan bebagai hal, mulai dari menonton film, mengerjakan kiprah kantor, kiprah sekolah, bermain game dan banyak lagi. Tapi bagaimana jikalau anda sedang mengerjakan kiprah datang tiba komputer anda restart dengan sendiri nya. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan komputer tiba-tiba restart. Di antaranya yaitu : 

1. Prosessor mengalami kepanasan atau overheat 
Suhu normal prosessor yaitu sekitar 60° hingga 90° jikalau melebihi suhu normal maka komputer akan mengalami blue screen dan akan restart dengan sendiri nya. Suhu prosessor yang terlalu panas juga sanggup menciptakan komputer mati mendadak dan bahkan sanggup menciptakan komputer mati total. 

Solusi : cara mengatasinya yaitu coba cek kembali  apakah prosessor sudah terpasang dengan benar, dan cek apakah fan dan heatsink masih bekerja dengan baik. Dan saya sarankan semoga selalu menjaga kebersihan fan.

2. Kerusakan pada memory RAM 
Kerusakan pada RAM juga sanggup menciptakan komputer kita restart sendiri, dilema ini biasanya di tandai dengan blue screen dengan tanda pemberitahuan "dump memory"  

Solusi : pertolongan pertama yang sanggup anda lakukan yaitu dengan melepas RAM dan bersihkan kaki kakinya. Kemudian anda sanggup memasangnya kembali

3.  Kerusakan pada vga card 
Kerusakan pada vga card juga sanggup memicu pengaruh blue screen yang menjadikan komputer mengalami restart. Kerusakan vga juga sanggup di tandai dengan komputer hang kemudian gambar menjadi pecah pecah  dan alhasil komputer restart dengan sendiri nya.

Solusi : anda sanggup membeli vga card yang gres atau membawa vga card tersebut ke tukang service. 

4. Hard disk mengalami bad sektor

Bad sektor hard disk juga sanggup menjadikan komputer mengalami restart sendiri, bad sector mengakibatkan sistem tidak berjalan lancar di mana komputer tidak sanggup membaca data dari hard disk. Bad sector sanggup di akibatkan dari beberapa hal menyerupai melemahnya magnetic, tanggapan guncangan atau terjatuh, susunan file tidak teratur juga sanggup mengakibatkan bad sector pada hard disk

Solusi : rawat dan jagalah hard disk dengan benar. Hati hati terhadap hard disk, jangan hingga menjatuhkannya. Dan atur file file awut-awutan yang ada di komputer kamu, dan hapus filenyang sekiranya tidak perlu.

  
5. Daya dari Power Supply tidak stabil
Power supply yang sudah bau tanah biasanya sudah tidak stabil dan kurang daya sehingga catu daya yang di hasilkan juga berkurang. Akibatnya komputer kekurangan daya untuk menyuplai seluruh komponen komputer sehingga akan mengakibatkan komputer restart dengan sendiri nya.

Solusi : sangat di anjurkan untuk mengganti nya dengan power supply yang baru. Tidak perlu mahal yang penting sanggup menyalurkan daya dengan baik.


Dan itulah tipa yang sanggup saya berikan, semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua dan jikalau dilema belum sanggup di atasi, sangat di anjurkan untuk membawa komputer anda ke daerah service terpercaya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel